Monday, August 10, 2015

UNIK, WAJIB COBA MEMBUAT HOLOGRAM DENGAN HP/SMARTPHONE

UNIK, MEMBUAT HOLOGRAM SEPERTI DI FILM IRON MAN


Tutorial kali ini saya akan membahas dasar  teknologi teranyar  (hologram). ada yang sudah tau hologram itu seperti apa?
Dalam beberapa film luar negri tentu sudah tidak asing lagi dimata kalian yang menggunakan efek hologram, contoh saja film IRON MAN dan masih banyak lagi.
mungkin terlihat sulit membayangkan bagaimana caranya, tapi taukah kamu ternyata tidak sulit, untuk mengubah smartphone Anda menjadi hologram.
Kamu bisa mencobanya sendiri untuk membuat video hologram ini dengan menggunakan smartphone kamu dengan bahan dan alat yang sangat sederhana saja.

Untuk mencoba sendiri siapkan bahan-bahan berikut :
  • Mika bening, Mika bening bisa kita dapatkan pada, akrilik, atau bekas kotak kaset tape, atau CD cover, Lebih bagus lagi kita membuatnya dengan potongan kaca bening
  • Alat pemotong, gunting atau cutter
  • Lem atau selotip
  • Video khusu untuk memproyeksikan gambar hologram (banyak tersedia di youtube) kamu cari saja video dengan kata kunci : (3D video hologram / 3D prisma hologram / 3D pyramid hologram dll)
  • Smartphone
Cara membuat : 

ukur terlebih dahulu panjang dan lebar smartphone kamu, karena bentuk pyramid nanti tergantung ukuran layar LCD smartphone kamu. buat satu pola bentuk segitiga yang sama kaki sebanyak 4 potongan yang nantinya akan di gabung menjadi sebuah prisma atau mirip bentuk piramid. cara menyatukannya bisa dengan lem atau dengan selotip.

 
Cara kerjanya adalah :


Kotak pyramid  memberikan refleksi yang cukup untuk memantulkan cahaya dari citra yang dimainkan di layar smartphone. Karena plastiknya transparan, Anda bisa melihat langsung melaluinya. Sebuah ilusi terwujud yang seakan merefleksi obyek yang melayang di udara.
atraksi "hologram" bisa dilihat dari setiap sudut di ruangan.




jika kita letakkan piramid di atas smartphone dan diputarkan video khusus 3D piramid maka akan terlihat seperti seolah-oleh gambar muncul diatas smartphone seperti hologram pada film-film bertema teknologi.

- semoga menginspirasi-

video lengkap lihat video, copy link ini :

https://www.youtube.com/watch?v=Sak_BhgUtj4&feature=youtu.be












1 comments: