Thursday, August 13, 2015

TRIK, MEMBUAT LAMPU SUPER TERANG TANPA BATERAI ATAU LISTRIK

MEMBUAT LAMPU PENERANGAN TANPA BATERAI



pada tutorial kali ini, penulis akan mengulas bagaimana cara menyalakan lampu LED sebagai penerangan tanpa menggunakan sumber daya apapun, atau biasa disebut FREE ENERGY.

FREE ENERGY  yang saya maksud adalah tidak berasal dari daya baterai yang sudah pasti akan habis pakai, atau sumberdaya listrik yang harus bayar! ko bisa???
Bisa saja, dengan memanfaatkan dinamo printer bekas jenis apa saja kita bisa membuat ENERGI GRATIS untuk menghidupkan lampu LED, atau bisa juga digunakan untuk keperluan lainnya.

prinsip kerja dinamo atau dalam hal ini sebagai generatornya adalah :
Di dalam dynamo ada sejumlah kumparan dan mangnet berbentuk U. ketika poros dynamo tersebut di putar, otomatis kumparan didalam dynamo tersebut ikut juga berputar. Nah, didalam hukum fisika  pergerakan kumparan di dalam medan magnet akan menyebabkan aliran listrik di dalam kumparan itu sendiri. Namun arus listrik tersebut hanya bersifat sementara selama kumparan tersebut berputar di dalam medan magnet saja. dan apa bila kumparan tersebut berhenti berputar di dalam medan magnet, maka aliran listrik juga akan berhenti. karena tidak ada perubahan fluks pada kumparan di medan magnet. tetapi, semakin kuat kita memutar poros dynamo tersebut semakin besar pula aliran listrik yang di keluarkannya.

baiklah untuk membuat rangkaian ini perlu disiapkan :

  • dinamo bekas printer type apa saja
  • LED yang sudah dirangkai seri
  • kabel penghubung 

pada panbel printer kita tarik satu arah agar dinamo berputar, ketika dinamo berputar maka fungsi dinamo inilah yang menjadi generator sumber tenaga untuk menyalakan lampu led tersebut.  cukup sederhana kan? namun cahaya yang dihasilkan oleh rangkaian LED ini cukup untuk menerangi area ruangan ketika listrik padam.
rangkaian ini juga bisa dimodifikasi sebagai pembangkin tenaga angin atau air sederhana.
seperti inilah skema rangkaian yang sudah saya coba dan berhasil 100% LED nyala terang.


untuk mulai mencobanya, tidak harus menggunakan LED yang sudah disusun seri, dengan hanya menggunakan satu LED saja sudah bisa nyala. cukup sambungkan kaki LED langsung ke konektor dinamo lalu putar as dinamo menggunakan tangan maka led akan tetap nyala. jika ingin lebih terang tentu dengan merangkai beberapa LED.

-semoga menginspirasi-

lihat video cara membuat di  copy link ini :
https://www.youtube.com/watch?v=ttSH9feuHrY


31 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Masa bisa si padahal kan mutarnya cuma pakai tangan doang sekali lagi

    ReplyDelete
  3. Masa bisa si padahal kan mutarnya cuma pakai tangan doang sekali lagi

    ReplyDelete
  4. kalo dinamo mesin jahit atau dinamo lainnya bisa pa gak bro ..??

    ReplyDelete
  5. oiya kalau untuk charger hp bisa ga sob
    www.rajalistrik.com

    ReplyDelete
  6. Saya sedang ujicoba dengan dinamo printer dipasang pada kincir angin mini, pada kecepatan angin 6 km,/jam bisa menghasilkan daya 2v, tapi pada putaran maksimal 10v, untuk bisa mencharge gunakan rangkaian step up. Silahkan mencoba.

    ReplyDelete
  7. Saya sedang ujicoba dengan dinamo printer dipasang pada kincir angin mini, pada kecepatan angin 6 km,/jam bisa menghasilkan daya 2v, tapi pada putaran maksimal 10v, untuk bisa mencharge gunakan rangkaian step up. Silahkan mencoba.

    ReplyDelete
  8. mas, itu resistornya brp ohm ?

    ReplyDelete
  9. haha ... pasti bisa lah kan diamo muter karena di puter tangan... setelah di puter lampunya hidup sebentar lalu mati ... kalau di puter terus menerus ya hidup terus ... kurang lebih begitu kan maksudna ?

    ReplyDelete
  10. kalo gc ada sistem pnggeraknya ya prcuma sja broo

    ReplyDelete
  11. Muter akai tangan ? Cape deh... Yg ada jg gunakan kincir.. Dan kincir akan memutar dinamo maka akan mnghasilkan listrik... Utk mndapatkan angin/putaran yg kuat harus diatur pisisi pnempatan nya... Gitu :)

    ReplyDelete
  12. Klo mati lampu olahraga donk? ๐Ÿ˜’ Gak efektif, kirain ada cara biar dinamonya muter terus ternyata cara olahraga pakek dinamo๐Ÿ˜’๐Ÿ˜’

    ReplyDelete
  13. wkwkwkwkwk........anda mau enaknya saja,pakai kincir air saja pakai galon.

    ReplyDelete
  14. mas pakai dinamo kipas angin bisa gak mas??

    ReplyDelete
  15. lihat komunitas layang indonesia.

    ReplyDelete
  16. lihat komunitas layang indonesia.

    ReplyDelete
  17. Secara logika kalau dipasang 2 dinamo yang saling berhubungan dengan pungsi berbeda mungkin tidak usah terus menerus menggunakan tangan cukup dengan satu kali putar seperti prinsip kerja motor yang satu untuk menghasilkan energi untuk menggerakan satu sama lain : contoh dari Dinamo A menghasilkan arus yg dialirkan ke dinamo B ketika dinamo B bergerak akan keluar arus untuk menggerakan dinamo A

    ReplyDelete
  18. Ngirit apa pelit bro..beli batu baterai paling brp harga nya..dari pada tangan muter trs sampe lampu nyala..trik ga tepat guna bro..klo mau oke sepeda ontel Mbah saya aja tuh.ada dinamo sama lampu nya..

    ReplyDelete