Wednesday, August 12, 2015

MEMBUAT LAMPU LED UNTUK KEPERLUAN VIDEO ATAU FOTOGRAFI

CARA MENGGANTI LAMPU TEMBAK HALOGEN 150 WATT 
MENJADI 9VOLT DENGAN LED



bagi kalian yang bekerja sebagai fotografer atau video shoting tentu perlengkapan ini tidak kalah penting. alat bantu pencahayaan ini memang banyak dijual dipasaran, namun masih kisaran harga yang cukup mahal.

terakhir kali saya beli lampu LED untuk keperluan fotografi seharga Rp.500.000,- limaratus ribuan cukup mahal kan. bayangkan kalau dalam kebutuhan foto saja paling sedikit kita membutuhkan 2 buah lampu superbright sebagai penerangan.
memang jenis lampu ini lebih simple karena sudah menggunakan baterai charger, cocok untuk pekerjaan diluar studio. yang model lama pun masih tergolong mahal disamping masih menggunakan listrik dengan watt yang cukup besar mulai dari 150watt tentu agak kerepotan juga ketika kita beraktifitas foto atau video shoting di luar ruangan.

untuk itu sebagai cadangan saya membuat sendiri lampu jenis ini, dengan menggunakan beberapa LED HPL yang super terang. LED jenis ini lebih banyak digunakan dalam peralatan penerangan karena dinilai lebih efisien dan lebih tahan lama atau awet. banyak jenis lampu TL atau lampu rumah sudah berganti menggunakan LED.

baiklah sebelum membeli bahan alangkah baiknya kita pelajari dulu skema berikut ini :


skema yang saya gunakan cukup sederhana, banyak jenis dan eksperimen yang bisa kalian coba untuk membuat driver LED di internet. namun menurut saya skema ini lebih mudah dan sudah saya buktikan sendiri berhasil.

bahan dan alat :
  • siapkan solder dan timah
  • siapkan papan PCB bolong
  • siapkan LED HPL putih 1watt (x3) 
  • Lem bakar (lem lilin batang)
  • tempat lampu halogen 150watt (beli jadi ditoko)

catatan :
yang akan kita buat adalah, mengganti fungsi lampu halogen 150watt. menjadi 9-12volt lampu LED SUPER BRIHT.


cara membuatnya rangkailah komponen yang sudah disiapkan diatas papan PCB bolong dengan melihat skema diatas. sebelumnya tempat dudukan lampu halogen kita lepas karena nantinya akan diganti dengan rangkaian LED yang sudah kita rakit sedemikian rupa.
rangkaian ini cukup membantu untuk membuat video tutorial, atau foto dengan model benda-benda kecil dll.
untuk membuat cahaya lampu diffuse gunakan plastik buram untuk kertas HVS (agar komposisi cahaya sesuai tidak terlalu over)

-semoga bermanfaat-

1 comments:

  1. Keren gan infonya... btw itu led kaga pakai head sink gan?
    Terus butuh baterai berapa banyak dan berapa ampere nie? thx atas pencerahanya ya...

    ReplyDelete